Just share, setelah muter2 cari aktifkan fitur DKIM & SPF di WHM 11.32.2 akhirnya nemu juga. Default (tweak setting) DKIM dan SPF enable untuk account baru.

Untuk aktifkan fitur tersebut di existing account bisa diaktifkan melalui cpanel masing-masing, yakni ada pada menu Email Authentication.

Untuk mengecek apakah domain sudah terintall fitur tersebut bisa merefer ke DKIM Test – DKIM Verify – DKIM Validator pada link itu kita generate sebuah alamat email, kemudian kirim email ke alamat tersebut dari email yang telah kita aktifkan fitur DKIM dan SPF. Nanti kita akan dapet report dan disanalah ketahuan aktif atau belum.

Semoga membantu dan mohon maaf kalau repost 🙂

Yang belum ketemu, gimana caranya kalau exsisting client di enablekan semua secara otomatis, meski fitur ini bersifat optional.

Tambahan:

DKIM

DKIM (DomainKeys Identified Mail) helps verify the sender and integrity of a message. It allows an email system to prove that a message was not altered during transit (meaning it is not forged), and that the message came from the specified domain. (sumber: cpanel.net)

DKIM adalah salah satu teknologi identifikasi yang sedang marak digunakan oleh mail-mail server seperti Yahoo dan Google. Mungkin anda pernah mengalami bahwa email yang dikirim dari ui.ac.id selalu menjadi SPAM / Bulk Mail apabila sudah sampai di Yahoo / Google. Nah DKIM adalah salah satu metode untuk memberitau ke seluruh “dunia” bahwa email yang dikirimkan oleh UI adalah valid berasal dari UI dan bukan dari mana-mana. (sumber: ui.ac.id)

SPF

SPF (Sender Policy Framework) is designed to prevent spammers from sending email while forging your domain’s name as the sender (spoofing). This authentication function works by adding IP addresses to a list, specifying computers that are authorized to send mail from your domain name. It verifies that messages sent from your domain are coming from the listed sender, reducing the amount of backscatter you receive. (sumber: cpanel.net)

Data SPF (sender policy framework) adalah data teks (TXT) yang menggunakan Framework ID Pengirim. Framework ID Pengirim adalah protokol otentikasi e-mail yang membantu mencegah spoofing and phishing dengan memverifikasi nama domain yang mengirim pesan e-mail. ID Pengirim memvalidasi asal pesan e-mail dengan memverifikasi alamat IP pengirim sesuai pihak yang dianggap sebagai pemilik domain pengirim. (sumber: outlook.com)

sumber: http://www.putragaluh.web.id/blog/show/cara-aktifkan-dkim-spf-di-whm-11.32.2.html